Minggu, 19 Oktober 2008

KHAYALAN TENTANG TUHAN

Dalam suatu obrolan di warung kopi tanpa sengaja saya mendengar 2 orang mahasiswa yang sedang asik berdebat tentang keberadaan tuhan. Satu orang memandang bahwa tuhan hanyalah suatu teori saja sedangkan yang lain memandang tuhan memang ada. Keduanya berdebat sengit mempertahankan argument masing-masing, perdebatan itu berlangsung hingga 2 jam tanpa menghasilkan kesimpulan apa-apa.
Lalu, sebenarnya tuhan itu ada atau tidak ya??
Kita semua dilahirkan berbeda-beda dengan warna kulit, suku, ras dan agama yang berbeda-beda pula, kita tidak pernah bisa memilih warna kulit, ras dan agama tersebut, ada yang lahir dengan warna kulit hitam, kulit putih, ada yang lahir sebagai orang sunda, orang batak dan ada yang lahir dengan agama islam, kristen, hindu, budha, dll. Artinya kita dilahirkan dengan takdir kita masing-masing tanpa bisa menentukan kita akan jadi seperti apa. Lalu sebenarnya agama mana dan tuhan siapa sih yang paling benar?? Menurut saya semua agama itu benar dan ga ada yang salah, jika anda menanyakan pada saya agama apa yang paling sempurna, tentu saya akan menjawab bahwa agama saya adalah yang paling sempurna, dan sebaliknya jika kita tanyakan kepada penganut agama lain tentu mereka akan menganggap kalau agama merekalah yang paling sempurna. Lalu dengan berbeda-bedanya agama kita, apakah pada akhirnya nanti siapa yang akan masuk surga??apakah orang islam??orang kristen??Hindu??atau budha??terus bagaimana kalau kita ternyata dilahirkan dengan agama yang salah??apakah nanti kita akan protes ke tuhan????hehe,,kalo bisa protes ama tuhan pasti nanti di neraka bakal ada demonstrasi besar2an ya ama tuhan,,mungkin ada yg bakal ngomong “HEKH!!TUHAN KENAPA SAYA DILAHIRKAN DENGAN AGAMA INI SI???” atau “HEKH!!TUHAN KALO CUMA ADA 1 AGAMA YANG BENAR KENAPA AKU GA DILAHIRKAN SEBAGAI AGAMA ITU SI???”
Akh!ini sih Cuma khayalan saya saja, toh sebenarnya agama kita hanya takdir saja,,,sangat sulit bagi kita untuk keluar dari lingkaran kepercayaan yang dianut keluarga kita, apakah anda pernah berpikir untuk mencari agama yang “sreg” dengan anda??apakah anda pernah mencoba mencari agama yang paling sempurna??saya yakin 90% orang di dunia ini akan menjawab tidak pernah berpikir untuk mencari agama yang paling sempurna, karena mereka pasti akan terbelenggu oleh keluarga mereka,,,coba saja anda mencoba mengutarakan pada orang tua anda “saya ingin mencari agama yang paling sempurna”, tentu orang tua anda akan marah besar, iya kan???hehe,,begitu juga dengan saya,,
Pada akhirnya kita hanya bisa terus meyakini agama yang dianut orang tua kita. Oleh karena itu, kenapa sih kita harus ribut2 Cuma karena masalah agama??kenapa sih harus ada saling sindir dan saling benci diantara umat agama yang berbeda??padahal kita adalah saudara, masalah kita terlahir dengan agama apa, itu Cuma takdir saja,,takdir yang entah darimana datangnya,takdir yang mungkin juga berupa ketidaksengajaan.
Kita kembali ke tema, lalu sebenarnya tuhan itu ada ga sih??? Kalau menurut saya, terlepas dari ada atau tidaknya tuhan sebenarnya konsep ketuhanan merupakan konsep yang terbaik yang telah mengendalikan sifat2 buas manusia, Konsep ketuhanan merupakan induk dari segala macam aturan di dunia ini, konsep ketuhanan juga yang mengubah manusia primitif menjadi manusia beradab.

5 komentar:

Fasal mengatakan...

jelas Tuhan itu ada pada satu agama yg paling benar yg menyatakan Tuhan itu ada dan hanya Dia satu yg patut di sembah dan hanya agama itulah yg sempurna dan terbenar jd petunjuk manusia.
Jangan menganut kepercayaan semata berdasar turun menurun warisan orang tua keluarga anda klo anda tidak mempercayainyaa..anda berhak u/ mencari Tuhan yg sebenarnya dn agama yg memang sebenarnya patut anda anut... cara sederhana dan pasti nya untuk anda yg tengah bertanya2 akan Tuhan dan akan kebenaran agama yg harus anda anut,adalah dengan memohon bantuan dari Tuhan itu sendiri,sebagai makhluk dan sebagai seorang hamba,hendaklah anda berbicara kpd Tuhan itu sendiri dgn bahasa engkau,meski dalam hati ataupun lisan,katakan : "Wahai TUHAN YANG SEBENAR2 NYA DAN YG PALING PATUT DI SEMBAH,SESUNGGUHNYA AKU PERCAYA AKAN KEBERADAAN MU,AKAN TETAPI BIAR AKU TIDAK DLM KEBINGUNGAN DAN KESALAHAN,BERILAH AKU PETUNJUK YANG SEBENAR2 PETUNJUK YG TIDAK SESAT YG BER ASAL DR ENGKAU DAN YG PALING AKU MENGERTI YANG MEMBAWA AKU KEPADA ENGKAU DAN MEMBAWA AKU PADA KEBENARAN AGAMA YANG HARUS AKU ANUT,AAMIIINNN"
Jika engkau berdo'a dengan ke khusyu' an hati,penuh keikhlasan, dan yg sebenar - benarnya keinginan engkau u/ mengenal Tuhan, menjd hambaNya,engkau pasti akan di tunjukkan jalan kepada Tuhan itu sendiri.. percayalaahh!!!!
menurut sayaa??? tentu hanya Agama Islam yg sebenar patut di sembah dan Hanya Allah Tuhan yg Esa,satu,yg terbenar u/ di sembah... Islam tak pernah ada konsep pemaksaan agama atau iming2 hadiah.... JELAS..untukmu agamamu untukku agamaku ,itu jelas konsep dasar dlm al Qur'an tentang agama yg ingin kalian anut dn percayaaii...

Anonim mengatakan...

Kenapa orang ateist pintar dan baik ?Kenapa negara dengan mayoritas penduduk atheist negaranya ,maju , damai.... ? ATheist melaukakan kebaikan bukan karena ingin dapat pahala atau takut dapat dosa.. mereka punya hati nurani

Unknown mengatakan...

Tuhan...wujudkh

Edys Smuler Hehehehe mengatakan...

Betul..


Hidup harus smart dan genius.

Anonim mengatakan...

Tuhan ?
Walaupun saya terlahir dengan beragama,namun hampir 20 tahun ini saya banyak baca buku macam2 agama.tidak ada satupun agama yg membuat pikiran saya akan percaya tuhan itu ada.bagi saya tuhan itu hanya konsep yg lahir dari pemikiran manusia.saya sdh banyak dengar ceramah ustad,ikut kegereja dengr khotbah pastor,berdiskusi dgn org hindu dibali,dan banyak bertanya kepada org2 ket tionghoa yg kbanyakan budha,tapi belum ada hingga saat ini yg bisa membuat saya yakin bahwa tuhan itu ada.agama hnya pengisi identisas di ktp saya.bagi saya hidup ini adalah proses alam,berinteraksi sosial dgn alam dan seisinya baik terhadap alam ini maka alam akan memberikan manfaat buat kita,baik terhadap sesama manusia maka kebaikan juga akan datang pada kita.
Bagi saya dari lahir sampe mati nanti itu adalah proses alam dan ineraksi sosial dengan seisi alam ini.saya tidak percaya adanya tuhan saya lebih percaya dengan adanya KARMA